Cari Blog Ini

Kamis, 05 Maret 2020

6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuat Maskernya

crapsysli
6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuat Maskernya
6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuat Maskernya

Pepaya terhitung tipe buah-buahan yang kaya beberapa sumber vitamin. Khasiatnya bukan hanya baik untuk kesehatan badan pada umumnya, tetapi ada juga beberapa faedah pepaya untuk kecantikan. 

Peroleh Faedah Pepaya Untuk Kecantikan Muka

Pepaya memiliki kandungan beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan badan. Menurut hasil studi, pepaya adalah tipe buah-buahan yang kaya vitamin, A, B, serta C.

Disamping itu, pepaya mempunyai kandungan enzim proteolitik, seperti papain serta chymopapain yang berperan jadi antibakteri, antijamur, serta antivirus. Saat dipakai di wajah, pepaya memiliki faedah seperti berikut:

1. Melembapkan kulit muka

Faedah pepaya untuk kecantikan muka dapat didapat oleh pemilik kulit kering. Masalahnya kandungan enzim dalam pepaya bisa menolong menjaga kulit yang kering serta gampang mengelupas dengan melembapkannya. Dengan adanya ini, muka Anda akan terlihat lembut serta berasa kenyal. 

Langkah membuat masker pepaya untuk melembapkan kulit muka, yakni: 
  • Campur 1 sendok makan buah pepaya yang telah dihaluskan serta 1 sendok teh madu. 
  • Berikan pada permukaan muka Anda dengan rata memakai jari-jari tangan atau kuas bersih. 
  • Diamkan sepanjang 30 menit atau sampai masker jadi kering. 
  • Basuh muka memakai air dingin. 

2. Menangani lingkaran hitam di ruang bawah mata atau mata panda

Kurang tidur sering membuat timbulnya lingkaran hitam pada mata atau yang seringkali disebutkan dengan mata panda. Keadaan itu dapat membuat seorang terlihat lebih tua serta jadi kurang yakin diri. Pepaya mempunyai zat papain yang bisa menolong membuat cerah muka yang baik untuk mengatasi dark circle Anda. 

Nah, Anda dapat manfaatkan pepaya jadi langkah menangani mata panda dengan berikut: 
  • Pertama, haluskan ¼ cangkir buah pepaya hijau atau pepaya yang masih terbilang muda.
  • Berikan masker pepaya hijau pada ruang bawah mata memakai jari-jari tangan. 
  • Diamkan sepanjang 10 menit atau sampai masker muka jadi kering. 
  • Bila telah jadi kering, basuh muka memakai air hangat. 

Kerjakan beberapa langkah di atas dengan teratur buat menangani mata panda. 

3. Membuat cerah kulit muka

Salah satunya faedah pepaya untuk kecantikan muka ialah membuat cerah kulit muka. Ini tidak lepas dari kandungan vitamin A serta C yang terdapat di pepaya. Anda dapat memperoleh faedah pepaya untuk membuat cerah kulit muka dengan berikut: 
  • Dalam satu mangkok, haluskan 4 potong buah pepaya, 1 sendok makan bubuk kunyit, serta 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata. 
  • Berikan masker pepaya itu pada permukaan muka yang telah dibikin bersih. 
  • Diamkan sepanjang 20-30 menit atau sampai masker muka jadi kering. 
  • Basuh muka memakai air hangat. 

4. Mengobati jerawat

Faedah pepaya untuk kecantikan selanjutnya ialah mengobati jerawat. Kandungan enzim papain serta chymopapain di dalamnya dipercaya efisien menyembuhkan jerawat yang meradang. 

Disamping itu, ke-2 enzim itu bisa menahan jerawat dengan mengusung beberapa sel kulit mati pemicu pori-pori kulit terhalang. Anda dapat memperoleh faedah pepaya untuk kecantikan ini dengan: 
  • Melembutkan potongan buah pepaya terlebih dulu.
  • Berikan halusan itu jadi masker muka. 
  • Diamkan masker sepanjang 15-20 menit atau sampai jadi kering. 
  • Basuh muka memakai air dingin. 
5. Kurangi kerutan di muka

Pepaya kaya anti-oksidan berbentuk likopen yang bisa menantang pertanda penuaan. Satu hasil studi mengutarakan jika anti-oksidan itu menolong menantang radikal bebas hingga kulit semakin lebih halus serta awet muda. 

Disamping itu, pepaya dapat melakukan perbaikan fleksibilitas kulit hingga kurangi timbulnya pertanda penuaan. Namun, faedah itu dikerjakan pada eksperimen hewan tikus. 

Anda dapat memakai pepaya jadi salah satunya langkah kurangi kerutan di muka dengan menggosokannya kulit pepaya di permukaan muka serta leher. Diamkan sepanjang 20 menit, lantas basuh muka memakai air dingin.

6. Menyembuhkan melasma serta pigmentasi

Melasma salah satu tipe hiperpigmentasi kulit yang dikarenakan oleh perkembangan hormon. Nah, bila Anda alami permasalahan sisa jerawat sampai pigmentasi, pepaya dapat jadi pilihannya. Pepaya mempunyai kandungan bahan alami yang berbentuk membuat cerah buat menolong bersihkan noda sisa jerawat serta pigmentasi. 

Disamping itu, enzim, beta karoten, beberapa vitamin, serta phytochemical di pepaya dapat juga menolong meratakan warna kulit muka. 

Berikut langkah menangani pigmentasi memakai juice pepaya: 
  • Basahi kapas atau bola kapas ke 1 sendok makan juice pepaya.
  • Berikan pada ruang kulit muka yang mempunyai noda sisa jerawat atau pigmentasi. 
  • Diamkan sepanjang 15 menit atau sampai jadi kering. 
  • Selanjutnya, basuh muka memakai air dingin.

Langkah aman memakai masker pepaya untuk muka

Perlu untuk diketahui jika faedah pepaya untuk kecantikan belum pasti efisien untuk semua type kulit muka. Buat Anda yang mempunyai kulit normal atau mungkin tidak mempunyai permasalahan bermakna di wajah, boleh-boleh saja untuk memakai masker pepaya ini. 

Tetapi, tidak sama buat beberapa orang dengan tipe muka atau keadaan kulit khusus. Ditambah lagi buat orang yang mempunyai reaksi alergi khusus. Jadi, buat memeriksa apa kulit Anda pas memakai masker pepaya, kerjakan beberapa langkah seperti berikut: 
  1. Berikan sedikit masker pepaya terlebih dulu ke ruang kulit lengan bawah.
  2. Nantikan sepanjang 24-48 jam untuk lihat reaksinya pada kulit Anda. 
  3. Bila kulit tidak alami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau pertanda alergi kulit yang lain, karena itu Anda aman memakai masker pepaya di wajah. 
  4. Sebaliknya, jika ada reaksi alergi, berhentilah memakainya. Lantas, selekasnya basuh muka memakai air bersih. 

Ingat-ingatlah untuk selalu waspada sebelum memakai masker atau produk apa saja di wajah. Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter kulit sebelum memakai masker muka alami, terhitung pepaya. 

Dokter kulit bisa menolong Anda pada tentukan apa kulit muka Anda pas memakai masker pepaya. Dengan demikian, faedah pepaya untuk kecantikan juga dapat Anda peroleh dengan efisien, maksimal, serta masih aman. 

About the Author

crapsysli / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Posting Komentar